Cover:
EITSS… Ini kok malah ngrasani guru yo?? Oke, kita ke topik
yang lagi ngetren sekarang ini, UAS. UAS memiliki kepanjangan yaitu Ujian Akhir
Semester yang memiliki artian setelah Ujian Akhir masih tetep Sekolah. Seharusnya pemerintah mengganti singkatan UAS
menjadi AUS, Akhiri Ujian Saja.
SETUJU!?
UAS juga menambah pengalaman ujian kita, banyak cerita yang
sudah kita alamai bersama UAS, baik itu cerita yang menyenangkan ataupun cerita
yang horor.
Cerita Gembira : Saat kalian
melihat denah tempat duduk, dan tempat duduk kalian berada di belakang, lalu
kalian gembira.
Cerita Horor : Saat kalian mendengar suara guru PKN
menerangkan materi untuk UAS, lalu kalian horor.
Oke, mari kita bahas yang lebih spesifik:
“Kenapa OR Di UAS Kan?”
Jawab:
Karena kita sekolah. Coba kalau kita tidak sekolah, OR,
bahkan FISIKA pun tidak di UAS kan.
Ya, tapi aku heran, OR adalah Olah Raga, dimana olah adalah
gerak, tubuh adalah raga dan kalo digabungin jadi gerak tubuh, kok diUAS in? Ya
buat aja pelajaran baru: OP: Olah Pikir, dimana olah adalah gerak, pikir adalah
otak dan kalo digabungin jadinya ‘MIKIR’.
Coba kita flashback, mengingat masa lalu saat kita masih bersamanya, kenangan,
pengalaman indah kita dengan si dia, COBA!! COBA FLASHBACK!! BERAPAKALI
PELAJARAN OR KITA DAPET TEORI!?”
Perbandingan Praktek : Teori bagaikan mendoan dengan 'kremesannya', atau dapat diartikan perbandingannya jauh sekalii.
Kita lebih banyak praktek daripada teori, kenapa yang
diujikan yang teorinya? Ini sama saja kita diajarin buat TELUR DADAR, tapi disuruh
buat KOLAK! SULIT! Bahkan SYYULIT SEKALEE!!
Jadi
selama mengerjakan SOAL OR beberapa waktu yang lalu, aku menemui beberapa soal
yang membuat hati kecilku bertanya: “UAS
OR, BUAT APA!?”
1) Posisi tangan pada saat kontak dengan peti
lompat pada lompat kangkang adalah
A.
Kedua tangan ditegangkan
B.
Kedua tangan dilemaskan
C.
Jari-jari tangan digenggam
D.
Kedua siku dibengkokkan
E.
Terserah pesenam
JAWAB:
E. Terserah pesenam, ini adalah
option yang tidak mendidik. Bayangkan jika option ini keluar di salah satu soal
FISIKA, dimana option E adalah “Terserah Fisikawan’ atau KIMIA? Jadinya ‘Terserah
KIMIAWAN?’
2)
Tujuan pukulan SMASH dalam permainan
bulu tangkis adalah
A. Memberikan umpan pada lawan
B. Untuk mematikan lawan
secepat-cepatnya
C. Melambungkan kok kebelakang
D. Memberikan kesempatan lawan untuk
menyerang
E. Memberikan kock pada lawan.
JAWAB:
B. Untuk mematikan lawan
secepat-cepatnya. Jadi kita bunuh lawan kita dengan cara nge-SMASH lawan kita,
bukannya kita menang pertandingan tapi malah jadi kasus pembunuhan. Didalam
teori, OR bisa jadi psikopat ._.
3) Istilah lompat jauh gaya jalan di udara
adalah
A. Gaya duduk
B. Schne Pper
C. Walking in the air
D. Stride jump
E. Gaya jongkok.
JAWAB:
C. Walking in the air, ini semacam soal Bahasa
inggris. Jika soal ini banyak ditemukan di soal UAS lainnya, akan melatih siswa
untuk belajar Bahasa inggris seperti di soal Bahasa Jawa misalnya.
URAIAN:
1) Jelaskan analisa gerakan renang gaya bebas
yang kamu ketahui!
Jawab:
Saya tidak tahu, tetapi saya pernah liat
di kolam renang ada bapak-bapak yang renangnya itu lucu, jadi dia semacam
tenggelem gitu agak lama, setelah aku liat lama, dia itu bebas banget geraknya,
jadi tangannya itu kaya lagi minta tolong, enerjik banget. Eh tau-tau dia minta
tolong beneran, tapi aku diemin ._.
Jadi itu tadi adalah alasan kenapa timbul dalam hatiku untuk
bertanya “UAS OR, BUAT APA?”. Tetapi pada intinya bukanlah tentang UAS OR ditiadakan, melainkan tentang menanam konsep dalam diri kita mengenai:
“UAS OR, KENAPA TIDAK BELAJAR?”
Sekian.
Salam,
Louis Presiden