Jumat, 31 Januari 2014

Bakso dan Mie Ayam Watu Kelir


Selamat datang dalam label “Kuliner” di Louis Presiden Blog. Dalam label “Kuliner” kali ini bertepatan dengan hari raya Tahun Baru Cina, jadi makanan kali ini tidak jauh dengan nuansa Gong Xi Fa Cai, yaitu Mie Ayam.

Yap.. Mie Ayam sebenarnya bukan makanan khas Cina, melainkan makanan khas kampung tapi bukan kampungan lho.. Dikarenakan makanan Khas Cina seperti Sushi Semilikiti memiliki harga yang tidak murah, jadi aku anggap Mie Ayam adalah makanan khas Cina. Oke? Jujur, Mie Ayam adalah makanan favoritku, bahkan karena sudah menjadi favorit jika ditanya pilih mie ayam atau pizza, jelas aku pilih PIZZA!! Sebagai fans berat mie ayam, tentu aku punya warung mie ayam favorit. Ini dia…..


Mie Ayam ini dibangun di pinggir jalan Suyudono nomor 70, Semarang. Alasan warung ini tidak dibangun di tengah jalan karena nanti mobil dan motor ga bias lewat. Pertama kali kita masuk warung ini, ada gerobak mie ayam bakso (ya mesti lah, masa ya gerobak dangdut!!?)

Foto diatas terlihat masnya sedang menyiapkan mie ayam pesanan. Aku pergi ke warung mie ayam ini bersama keluarga, dan kami duduk dibangku belakang karena bangku depan sudah penuh. Memang warung ini menjadi favorit banyak orang.


Aku memesan Mie Ayam biasa + Teh Hangat. Beberapa menit kemudian pesanan kami datang, tidak seperti warung pizza yang ‘PHP’ pasti anda pernah mengalami ini:
Pelayan :”Jadi pesanannya Pizza Jumbo ya pak?”
Bapak    :”Iya betul”
Pelayan:”Ditunggu 15 menit ya pak.”
NAH.... walaupun kata pelayan nya 15 menit, tapi pizza nya jadi lebih dari 15 menit. PHP kan? :’(
Lanjut ke bahasan Mie Ayam, setelah makanan kami datang, tidak salahnya aku memberikan tips bagi anda yang gemar memakan mie ayam yang tentunya bermanfaat:

TIPS MAKAN MIE AYAM

1.      Tambahkan Saos
Saos berguna untuk menghabiskan Mie Ayam anda, warnanya merah. Jadi semakin kita menambahkan saos, semakin merah mie ayamnya (Ya mesti lah -____-)


2.      Tambahkan Sambal
Biasanya warna sambal itu merah agak kuning. Sama halnya dengan saos, sambal berguna untuk menghabiskan mie ayam. Jadi jika anda merasa mie ayam yang anda makan tidak enak, tambahkan saja sambal sebanyak-banyaknya dan setelah itu ke WC-lah semencret-mencretnya
3.      Tambahkan Onclang
Onclang bertujuan untuk memberi warna hijau pada mie ayam. Selain itu teksturnya yang gurih membuat rasa mie ayam lebih berwarna.

Dari tips diatas dapat disimpulkan bahwa tambahan-tambahan diatas sama halnya dengan lampu lalu lintas:
-        HIJAU (onclang)
Jalan terus, maksudnya kalau kita makan onclang sebanyak apapun tetap tidak apa-apa
-        KUNING (sambal)
Hati-hati, maksudnya jangan terlalu banyak makan sambal, nanti sakit perut.
-        MERAH (sambal)
Berhenti! maksudnya berhenti makan saos, karena saos mengandung zat-zat yang membuat kita tidak sehat.

Dibalik warung tersebut, aku memotret seorang ibu sedang memotong timun untuk dibuat acar.

Kesimpulannya kita boleh menjadikan mie sebagai favorit kita, tetapi jangan makan mie berlebihan dan imbangi dengan makan sayur dan buah. Makan Sehat Belum Pasti Pintar, MAKANNYA BELAJAR.. :)


Title: Bakso dan Mie Ayam Watu Kelir; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

Tidak ada komentar: