Sabtu, 06 Desember 2014

UAS OR, BUAT APA?

Kita hidup di sekolah berdampingan dengan makhluk lain, seperti pohon, rumput, semut, pakbon, dan guru. Dan jujur saja jika kita amati, bentuk guru kita bermacam-macam, ada yang badannya mirip truk, jadi kita memanggil guru itu “DUNO DUTRO!” secara diam-diam, atau ada guru yang masih muda dan terlihat seumuran dengan kita, sehingga saat kita berjumpa dengan guru kita kita berkata: “Selamat pagi om!”. Tapi yang paling sakit adalah ketika kita memanggil wali kelas kita dengan panggilan “mama atau papa”, KITA PUNYA ORANG TUA BENERAN, KENAPA PILIH YANG PALSU? (mengheningkan cipta dimulai)
Cover:
 
EITSS… Ini kok malah ngrasani guru yo?? Oke, kita ke topik yang lagi ngetren sekarang ini, UAS. UAS memiliki kepanjangan yaitu Ujian Akhir Semester yang memiliki artian setelah Ujian Akhir masih tetep Sekolah. Seharusnya pemerintah mengganti singkatan UAS menjadi AUS, Akhiri Ujian Saja. SETUJU!?
UAS juga menambah pengalaman ujian kita, banyak cerita yang sudah kita alamai bersama UAS, baik itu cerita yang menyenangkan ataupun cerita yang horor.

Cerita Gembira : Saat kalian melihat denah tempat duduk, dan tempat duduk kalian berada di belakang, lalu kalian gembira.

Cerita Horor      : Saat kalian mendengar suara guru PKN menerangkan materi untuk UAS, lalu kalian horor.

Oke, mari kita bahas yang lebih spesifik:
“Kenapa OR Di UAS Kan?”
Jawab:
Karena kita sekolah. Coba kalau kita tidak sekolah, OR, bahkan FISIKA pun tidak di UAS kan.

Ya, tapi aku heran, OR adalah Olah Raga, dimana olah adalah gerak, tubuh adalah raga dan kalo digabungin jadi gerak tubuh, kok diUAS in? Ya buat aja pelajaran baru: OP: Olah Pikir, dimana olah adalah gerak, pikir adalah otak dan kalo digabungin jadinya ‘MIKIR’. Coba kita flashback, mengingat masa lalu saat kita masih bersamanya, kenangan, pengalaman indah kita dengan si dia, COBA!! COBA FLASHBACK!! BERAPAKALI PELAJARAN OR KITA DAPET TEORI!?”
Perbandingan Praktek : Teori bagaikan mendoan dengan 'kremesannya', atau dapat diartikan perbandingannya jauh sekalii.

Kita lebih banyak praktek daripada teori, kenapa yang diujikan yang teorinya? Ini sama saja kita diajarin buat TELUR DADAR, tapi disuruh buat KOLAK! SULIT! Bahkan SYYULIT SEKALEE!!

                Jadi selama mengerjakan SOAL OR beberapa waktu yang lalu, aku menemui beberapa soal yang membuat hati kecilku bertanya: “UAS OR, BUAT APA!?”
       1) Posisi tangan pada saat kontak dengan peti lompat pada lompat kangkang adalah
A.      Kedua tangan ditegangkan
B.      Kedua tangan dilemaskan
C.      Jari-jari tangan digenggam
D.      Kedua siku dibengkokkan
E.       Terserah pesenam

JAWAB:
E. Terserah pesenam, ini adalah option yang tidak mendidik. Bayangkan jika option ini keluar di salah satu soal FISIKA, dimana option E adalah “Terserah Fisikawan’ atau KIMIA? Jadinya ‘Terserah KIMIAWAN?’

2)    Tujuan pukulan SMASH dalam permainan bulu tangkis adalah
        A. Memberikan umpan pada lawan
        B. Untuk mematikan lawan secepat-cepatnya
        C. Melambungkan kok kebelakang
        D. Memberikan kesempatan lawan untuk menyerang
        E. Memberikan kock pada lawan.

        JAWAB:
        B. Untuk mematikan lawan secepat-cepatnya. Jadi kita bunuh lawan kita dengan cara nge-SMASH lawan kita, bukannya kita menang pertandingan tapi malah jadi kasus pembunuhan. Didalam teori, OR bisa jadi psikopat ._.

3)    Istilah lompat jauh gaya jalan di udara adalah
        A. Gaya duduk
        B. Schne Pper
        C. Walking in the air
        D. Stride jump
        E. Gaya jongkok.

        JAWAB:
        C. Walking in the air, ini semacam soal Bahasa inggris. Jika soal ini banyak ditemukan di soal UAS lainnya, akan melatih siswa untuk belajar Bahasa inggris seperti di soal Bahasa Jawa misalnya.

        URAIAN:             
1)    Jelaskan analisa gerakan renang gaya bebas yang kamu ketahui!

Jawab:
        Saya tidak tahu, tetapi saya pernah liat di kolam renang ada bapak-bapak yang renangnya itu lucu, jadi dia semacam tenggelem gitu agak lama, setelah aku liat lama, dia itu bebas banget geraknya, jadi tangannya itu kaya lagi minta tolong, enerjik banget. Eh tau-tau dia minta tolong beneran, tapi aku diemin ._.

Jadi itu tadi adalah alasan kenapa timbul dalam hatiku untuk bertanya “UAS OR, BUAT APA?”. Tetapi pada intinya bukanlah tentang UAS OR ditiadakan, melainkan tentang menanam konsep dalam diri kita mengenai:

 “UAS OR, KENAPA TIDAK BELAJAR?”

Sekian.

Salam,
Louis Presiden

Title: UAS OR, BUAT APA?; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

Tidak ada komentar: